SOLGEN BLOGGER: WHAT'S NEXT?

Dear friends,

Kalo di postingan sebelomnya kita pernah ngebahas soal tutorial membuat blog, nah kali ini gw mau ngejawab sejumlah pertanyaan kawan-kawan yang agaknya masih bingung sama kegiatan blogging.

"Iya sih, gue ngerti bro. Contoh simple aja waktu fenomena banjir dukungan Prita di ranah blogsphere Indonesia. Itu kan membuktikan bahwa blog bisa kita jadiin media kampanye alternatif yang patut diperhitungkan juga," begitu katanya. Yupsi tamtu, spakatlah kita, jawab gw.

"Tapi trus, kalo gw udah punya blog, what's next dong?"

Hmmm.. makanya pantengin terus note ini sob. Monggo dianggo...


--------------------------------------------------

MENGELOLA BLOG: MENULIS DAN MENULIS!!
Pada dasarnya, setiap blog selalu berisi informasi tentang apapun, baik tentang hal pribadi si pemiliknya, atau gagasan dan ide tentang suatu hal yang dipublikasikan. Jadi sebetulnya, yang terpenting dari sebuah blog adalah kandungan informasinya. Yang artinya juga, informasi itu bakal lebih banyak dituangkan dalam tulisan.

Permasalahannya bagi kebanyakan orang adalah, gemana kalo kita belum terbiasa menulis sesuatu? Nah, solusinya gampang kok.

Pertama, kalian harus menemukan ide tulisan dulu.
Kata siapa nemuin ide tulisan tu susah. Ide itu ada dimana-mana bro. Liat aja sekitar lo, begitu banyak hal yang bisa ditulis. Mulai dari anjing peliharaan lo, pelajaran membetekan di kampus, berita di tivi, atawa hasil diskusi lo bareng temen-temen tentang musik, lifestyle, global warming, dan banyak hal yg menarik buat lo. Ide itu kayak oksigen, bro, ada di mana-mana di sekitar kita.

Kedua, merancang kerangka tulisan.
Buat yang ini mah, simpel aja, ga perlu repot2. Karena biasanya tiap tulisan tu cuma berisi 3 poin, yaitu Opening, Body, dan Ending. Bagian Opening biasanya berisi perkenalan singkat aja tentang masalah atau tema yang mao lo angkat. Bagian Body, mulailah dengan memaparkan lebih lanjut lagi soal masalah atau tema. Trus di bagian Ending, tinggal isi sama kesimpulan dah.

Ketiga, memposting tulisan secara rutin.
Gw tau emang agak berat biasanya buat yg belom kebiasa nulis. Tapi sebetulnya solusinya simpel aja: Ya dibiasain misalnya seminggu sekali nulis satu postingan. Dengan begitu blog kita bakal secara rutin terupdate.

Contohnya lo bisa lihat daftar blog kawan-kawan kita yang terisi postingan update mereka. Lihat deh di Thread BLOG PILIHAN bagian tengah bawah. Di situ bisa kita lihat berapa lama postingan tiap-tiap blog muncul. Apa 1 jam yang lalu, atau 1 hari yang lalu. Yang pasti, posisi blog pertama adalah blog yang terupdate diisi pemiliknya. Contohnya ya sampe note ini ditulis sekarang, posisi pertama itu blognya Fadhil, kedua blog Solgen, ketiga Kopi Sastra, dst.

Dengan mengupdate blog secara rutin, otomatis blog kita bakal selalu berada di posisi pertama. Dan dengan berada di posisi atas, berarti para pengunjung weblog solgen juga bakal tertarik untuk berkunjung ke blog kalian.

Liat aja tuh blognya si Fadhil di sini, gimana dia sekali posting bisa sampe 40an komentar dari pengunjung setianya. Tentu Fadhil tau nikmatnya menjadi Blogger yang punya banyak pembaca.

Intinya juga, dalam dunia blogging, posisi pengunjung atau pembaca itu penting. Apalagi sebagai Blogger Solgen dengan kampanye lingkungannya, kawan-kawan pembaca online adalah target kalian menulis, bahwa kita juga bisa menularkan kesadaran masyarakat untuk lebih peduli lingkungan lewat ngeblog!

So, Have a nice blogging.

Radnan Akyara