Tutorial Blog 2

Dear friends.. ketemu lagi kita.
Note kali ini bakal lebih teknis banget. Jadi perhatiin bae-bae yak.


PERTAMA/ MEMBUAT BLOG
Untuk yang belom punya blog, sok geura atuh buat blog pertama kalian di http://wordpress.com atau di http://blogspot.com/

Keunggulan wordpress adalah, tulisan kalian lebih Google Friendly, jadi gampang di search orang dan dilihat banyak pembaca. Sedangkan keunggulan blogspot itu ada di halamannya yg bisa kalian kreasikan dengan gadget-gadget menarik dan format html/javascript.

Terserah kalian lebih enjoy yang mana. Tapi saya menyarankan coba di wordpress aja, biar wacananya bisa kesebar ke publik yang lebih luas. Jangan lupa pilih template yang catchy dan judul blog yang kalian mau.


KEDUA/ PASANG BADGE SOLGEN
Copy-paste kode html yang tersedia, dan pasang badge SOLGEN di blog kalian masing-masing. Badge ini menandakan identitas kalian sebagai bagian dari SOLAR GENERATION, yakni anak muda yg melek lingkungan.

KETIGA/ POSTING TULISAN
Nah kalau blog udah jadi dan badge udah dipasang, kalain bisa mulai mengisi blog kalian dengan catatan atau tulisan apa aja yang kalian minati. Tapi yang terutama adalah komitmen kita untuk memposting tulisan bertema perubahan lingkungan di blog kita minimal dua minggu sekali.

KEEMPAT/ MENGKOMPAKKAN LABEL POSTINGAN
Maksudnya gini. Setiap kalian memposting tulisan di blog, kalian bisa memberi label, tags, atau kategori sebagai kata kuncinya. Nah, kata kunci (label, tags, kategori) dalam blog kalian inilah yang ditangkap google setiap kali ia digunakan untuk mencari informasi tertentu. Jadi blog kalian bisa dilacak dan dibaca jutaan pembaca di jagad internet ini.

Saya memang tidak mewajibkan kalian untuk mengikuti ini. Tapi biar kita lebih kompak dan kampanye online-nya bisa gampang dicari google, mari kita seragamkan label postingan kita.

Untuk postingan awal di periode 24 Juli s/d 7 Agustus 2009, saya mengusulkan kita memberi label:
"Kampanye Perubahan Iklim" atau "Solar Generation" di postingan kita.

KELIMA/ TUKERAN LINK & KOMENTAR SESAMA BLOGGER SOLGEN
Kalau kalian buka blog Solar Generation di http://mudamerah.blogspot.com/ di sidebar sebelah kanan ada thread Blog Pilihan. Di masing-masing blog kawan kita itu juga dipasang link kawan-kawan Solar Generation.

Jadi yang kalian lakukan selanjutnya adalah memasukkan link mereka ke blog kalian, dan mereka bakal me-link balik blog kalian. Fungsinya jelas, semakin banyak kalian saling tukar link, semakin gampang pula Google mencari blog kalian.

Dan jangan lupa mengirimkan link blog kalian ke alamat email: solar01generation@gmail.com biar link kalian bisa dipasang juga di blog Solar Generation.

Pastikan juga setiap kalian berkunjung ke blog kawan2 SOLGEN, tinggalkan komentar di postingan terbarunya. Kan biar bisa saling tukar info dan membuat blog kalian jadi lebih hidup diskusinya.

KEENAM/ UPDATE INFO
Terus pantau perkembangan blog SOLGEN dan blog kawan-kawan kalian. Karena sampai akhir tahun 2009 ini, SOLGEN bakal mengadakan diskusi seru, pameran2, dan penerbitan buku yang berisi kumpulan tulisan pilihan dari semua blog yang tergabung dalam SOLGEN.

Salam perubahan lingkungan!

Radnan Akyara